14 Maret 2019 08:13:25
Ditulis oleh Admin

SOSIALISASI PILKADES 2019

Pemerintah desa Jatisari melaksanakan sosialisasi tahapan Pilkades yang bertempat di balai desa Jatisari, Selasa (12/3).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Senori beserta tokoh masyarakat dan elemen desa seperti BPD, PKK, RT/RW dan warga setempat.

Ketua Pilkades Jatisari, Muhajar Salim menjelaskan, tahapan Pilkades akan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka mulai 26 Maret - hingga 9 April. "Saat ini tahapannya baru penyusunan daftar pemilih," ujarnya.

Sementara Camat Senori, Sudarto, menjelaskan bahwa pendaftaran cakades tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun syarat untuk menjadi Cakades, yakni siapapun bisa mencalonkan diri asalkan Warga Negara Indonesia (WNI), baik dari desa setempat maupun luar desa.

Namun, terdapat teknis aturan baru yang harus disosialisasikan ke masyarakat desa. Seperti, Pilkades minimal harus diikuti 2 orang pendaftar sebagai cakades, dan maksimal 5 orang Cakades. Selain itu, nantinya kepala desa harus memanfaatkan konten lokal dari hasil tanah hak kelola (bengkok) untuk pengentasan fakir miskin.

"Aturan ini sudah tertuang dalam perbup nomor 20 tahun 2018 di ketentuan lain-lain," tuturnya.

Kapolsek Senori AKP Musa Bachtiar yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengimbau kepada warga agar mengedepankan komunikasi dan koordinasi. "Jangan sampai momen Pilkades dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu karena pilkades rentan dibuat perpecahan," pesannya.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus